Senin, 24 November 2008

PARIWISATA



LAHAT-SUMATERA SELATAN : Deretan bukit barisan yang membujur sepanjang pulau sumatera merupakan aset pariwisata alam yang menyenangkan.
Sebuah seni budaya timbul karena keadaan alam yang begitu indah nan menawan, sehingga dengan perkembangan peradapan jaman maka munculah sebuah kerajaan.
Kerajaan tersebut memiliki seorang putri nan ayu menawan yang bernaman RENAYU, sayang......!
Putri tersebut memiliki sifat yang kurang disenangi oleh para gadis seusianya. Dengan wajah yang begitu cantik menjadi pujaan para pemuda didaerah kerajaan tersebut, semakin dewasa bukan semakin menyadari tapi semakin congkak dengan kesempunaan fisik yang dimiliki.
Pada suatu saat ada orang sakti, melihat kecongkaan putri raja itu orang tersebut berusaha untuk menasehati supaya berprilaku yang baik. Namun karena kecongkaannya tak mau menurut nasehat orang sakti. Sehingga dikutuklah dia menjadi patung.
sebuah pelajaran yang diambil dari lembah BUKIT TELUNJUK di Kecamatan Merapi kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Oleh masyarakat setempat dikenal dengan Nama PUTRI RENAYU, seni budaya tari bernama tari PUTRI RENAYU.

0 komentar: